Notification

×

Iklan ok

26 Sekdes dan Operator Kecamatan Mesjid Raya Gampong Ikut Pelatihan Siskeudes

Rabu, 24 Januari 2024 | 12.50 WIB Last Updated 2024-01-24T05:50:50Z


Gemarnews.com, Aceh Besar - Sebanyak 26 peserta perwakilan dari 13 gampong dalam kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar mengikuti pelatihan aplikasi Siskeudes versi 2.0.6. 

Pelaksanaan dilaksanakan selama dua hari mulai 23 - 24 Jauari 2024 di Kampus Poltekpel Malahayati Aceh gampong Durung Kecamatan Masjid Raya Aceh Besar.

"Peserta kegiatan ini merupakan perwakilan dari 13 gampong terdiri dari sekretaris dan operator gampong dalam kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar," ujar ketua panitia Mukhtar, Rabu (24/1/2023).

Pelatihan peningkatan kapasitas aplikasi siskeudes bagi pemerintah gampong dilakukan sebagai upaya dari forum keuchik untuk memastikan semua gampong yang ada di Kecamatan Masjid Raya memiliki kemampuan untuk mengoperasionalkan aplikasi siskuedes secara mandiri oleh pemerintah gampong.

Kegiatan pelatihan ini merupaka hasil evaluasi pelaksanaan dana desa tahun 2023 kecamatan Masjid Raya bahwa salah satu kendala dalam implementasi dana desa adalah sumber daya manusia yang belum mumpuni untuk mengaplikasi aplikasi siskeudes di gampong masih sangat terbatas jumlah orangnya sehingga perlu upaya pengkaderan secara berkelanjutan.

Adapun sumber dana pelatihan diambil dari kegiatan pelatihan yang dianggarkan dalam APBG tahun anggaran 2024 masing gampong. 
Adapun pemateri pelatihan dari Inspektorat kabupaten Aceh Besar dan dari DPMG Aceh Besar.

Sementara Camat Masjid Raya, Munazar mengharapkan dengan adanya pelatihan siskuedes versi 2.0.6 maka banyak sumber daya mumpuni di gampong untuk mengoperasionalkan siskuedes sehingga tidak bergantung pada satu orang ataupun pihak lain maka perlu tarsus dilakukan kaderisasi digampong sehingga makin banyak perangkat gampong yang mampu menggunakan aplikasi siskeudes. 

Siskuedes adalah jantungnya pemerintah gampong, dengan adanya maka dari perencanaan, pelaporan, dan penatausahaan mampu dilakukan gampong secara mandiri tepat waktu.

Dengan penggunaan aplikasi maka potensi terjadinya human error semakin kecil mempermudah proses pengawasan dan menghadirkan tata Kelola keungan gampong yang transparan dan akuntable. 

×
Berita Terbaru Update