Notification

×

Iklan ok

Kabupaten Aceh Barat , Menjadi Pilot Project Pengembangan Model Inovasi Penanggulangan Kemiskinan

Selasa, 20 Februari 2024 | 11.05 WIB Last Updated 2024-03-16T04:10:38Z

 



GEMARNEWS.COM ,ACEH BARAT - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dipilih sebagai salah satu dari empat kabupaten sebagai pilot project untuk pengembangan model inovasi penanggulangan kemiskinan.


Program ini bertujuan untuk menguatkan kelembagaan dan sumber daya tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah (TKPKD).

"program ini akan menjadi upaya nyata dalam menghasilkan langkah percepatan penanggulangan kemiskinan yang efektif dan inovatif, ucap Sekretaris Daerah, Marhaban, SE M.Si yang mewakili pj Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Efendi saat pembukaan Workshop forum multistakeholder mendorong inivasi satu data kemiskinan di aceh barat pada Selasa (20/02/2024)

Sebut marhaban, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berkomitmen untuk melakukan inovasi dan langkah konkret dalam penanggulangan kemiskinan daerah. Salah satunya adalah dengan menerbitkan Peraturan Bupati Aceh Barat Nomor 6 tahun 2023 yang menegaskan komitmen pemerintah untuk melaksanakan penanggulangan kemiskinan melalui lima strategi utama, ujarnya.

Sehingga Pada tanggal 2 Oktober 2023, Kabupaten Aceh Barat berhasil mendapatkan penghargaan dana insentif fiskal kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat tahun 2023 dari Kementerian Keuangan.

Dikatakan nya, Penghargaan ini sekaligus menjadi bukti keberhasilan pemerintah dalam kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem.
Tak hanya itu, Kabupaten Aceh Barat juga menerima penghargaan dana insentif fiskal lainnya, sehingga menjadikannya kabupaten Aceh barat satu-satunya di Provinsi Aceh yang menerima dana insentif fiskal tiga kali berturut-turut pada tahun 2023,


Lebih lanjut marhaban menyampaikan bahwa Penanggulangan kemiskinan perlu didukung dengan basis data yang mutakhir dan terintegrasi guna meningkatkan akurasi penentuan target dan validitas data sasaran. Hadirnya inovasi satu data kemiskinan di Kabupaten Aceh Barat diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk mendukung berbagai langkah dan upaya penanggulangan kemiskinan, terangnya.

Melalui pertemuan ini, diharapkan dapat menjadi momentum yang tepat bagi semua pihak untuk menyamakan persepsi, memetakan hambatan, mendapatkan dukungan, dan menyepakati rencana tindak lanjut dalam perumusan inovasi satu data kemiskinan di Kabupaten Aceh Barat, pungkasnya.

×
Berita Terbaru Update