Notification

×

Iklan ok

Ibnu Katsir Kandidat Ketum Badko HMI Jateng-DIY, Dari Pedagang Hingga Aktivis Prestasi

Senin, 10 Juni 2024 | 14.37 WIB Last Updated 2024-06-10T07:37:35Z
GEMARNEWS.COM, SEMARANG - Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta (HMI Jateng-DIY) akan mengadakan Musyawarah Daerah (Musda) Ke-XXX di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Salah satu kader yang mencuat sebagai kandidat Ketua Umum (Ketum) adalah Ibnu Katsir dari HMI Cabang Purwokerto.

Pria kelahiran 2 September 1996 ini memiliki rekam jejak yang menarik. Sebelum menjadi aktivis, Ibnu pernah menjalani kehidupan sebagai pedagang kaki lima untuk memenuhi kebutuhan hidup saat awal menjadi mahasiswa. "Saya memulai berwirausaha karena faktor kebutuhan bertahan hidup dan keinginan untuk mandiri," ujar Ibnu.

Ibnu mengisahkan bagaimana dirinya harus mengatasi rasa gengsi dan malu saat berjualan olos, jajanan khas Tegal. "Banyak hambatan yang saya hadapi, termasuk minimnya pengalaman dan rasa gengsi," tambahnya.

Namun, kegigihannya berbuah manis. Ibnu berhasil menyelesaikan studi di UIN Syaifudin Zuhri dan mencapai kemapanan di dunia wirausaha serta aktivisme mahasiswa. Kini, ia dikenal sebagai pengusaha ternak yang inovatif. Ibnu mendirikan platform digital bernama _Ternakbaik_, yang memberikan edukasi kepada anak muda yang ingin terjun ke bisnis peternakan.

"Saya ingin memudahkan anak-anak muda untuk mempelajari dan sukses dari bisnis karena saya pernah merasakan sulitnya memulai bisnis," ungkapnya.

Pada kontestasi Musda Badko HMI Jateng-DIY tahun 2024, Ibnu mengusung visi untuk memberdayakan mahasiswa HMI agar mandiri dan berdaya dengan potensi yang mereka miliki. Menurutnya, generasi muda harus mampu mengembangkan kemampuan berwirausaha untuk menyambut bonus demografi dan momentum Indonesia Emas 2045.

"Dalam mempersiapkan kemajuan Indonesia di masa depan, perlu generasi muda yang mampu berdikari dan berdaya dengan tidak berpangku tangan," tegasnya.

Melalui HMI, Ibnu bertekad memaksimalkan potensi generasi muda, khususnya di Jateng dan DIY. Dengan pengalaman dan visi yang dimilikinya, Ibnu Katsir siap memimpin dan membawa perubahan positif sebagai Ketua Umum Badko HMI Jateng-DIY.
×
Berita Terbaru Update