Notification

×

Iklan

Iklan

Harga gabah cendrung turun petani Abdya mohon solusi ke Pemkab

Senin, 08 Februari 2021 | 20.35 WIB Last Updated 2021-02-08T13:35:31Z

Gemarnews.com, Blangpidie - panen perdana gabah / padi di Aceh barat daya cendrung turun, dari harga Rp.5.200 / kilo, turun berkisar antara Rp. 4.900 sampai dengan Rp 4.800 /kilo Senin (8/2/2021)

Naik turunnya harga gabah ini sangat dirasakan pihak petani yang saat ini sedang panen di Aceh barat daya tepatnya di lokasi desa kepala bandar kecamatan Susoh Aceh barat daya.

Informasi yang diterima gemarnews.com dari salah seorang petani sawah Zulfikar (51) yang sedang panen gabah menyampaikan bahwa saat ini harga gabah sedang turun dikarenakan para agen yang biasa membeli gabah tidak datang sehingga para petani terpaksa menjual harga gabah ke agen yang lain dengan harga dibawah standar.

" Harganya cendrung turun karena para agen yang biasa datang  enggan datang untuk membeli hasil panen gabah saat ini, Karena di wilayah Sumatera Utara tempat agen juga panen padi " kata Zulfikar.

Dia juga berharap adanya solusi dari pemerintah daerah soal naik turunnya harga gabah ini, meskipun informasi yang dia terima dari agen yang biasa datang membeli padi di sawahnya bahwa di Sumatera utara dan sekitarnya juga panen, sehingga agen tidak datang membeli padi di wilayah Aceh untuk menghemat cost transportasi.

Sementara itu dari amatan PosKita.id secara langsung di areal persawahan desa kepala bandar kecamatan susoh kabupaten Aceh barat daya terlihat beberapa unit Combine mesin pemotong padi yang sedang bekerja di areal persawahan.

" Kalau untuk alat pemotong padi jenis mesin Combine ini kami tidak ada kendala sedikitpun, dan ini kami berterima kasih kepada dinas pertanian abdya yang sudah memfasilitasi alat pemotong padi ini' lanjut zulfikar.
×
Berita Terbaru Update