Notification

×

Iklan

Iklan

BPBD Pijay Kembali Adakan Pelatihan Sistem Manajemen Informasi Bencana

Selasa, 31 Agustus 2021 | 22.21 WIB Last Updated 2021-08-31T15:21:29Z

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Badan Pananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) menggelar penguatan dan pelatihan Sistem Manajemen Informasi Bencana bagi aparatur Desa kecamatan Meurah Dua

PLT Kepala BPBD Pijay Okta Handipa mengatakan, pelatihan tersebut merupakan lanjutan dari pelatihan yang dilakukan sebelumnya yang dilaksanakan oleh Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan.

“Fokus pada pelatihan hari ini, terkait sistem penanganan Karhutla ditingkat apartur desa di kecamatan Meurah Dua,” kata Okta Handipa, di Aula Camat Meurah Dua, Pijay, Selasa (32/8/2021).

Pelatihan tersebut juga melibatkan 40 peserta yang terdiri dari apratur Desa dan penggiat bencana di Pijay, diharapkan pelatihan yang dilakukan merathon tersebut menjadi bagian dari kesiapsiagaan Desa dalam menghadapi bencana.

“Harapanya seluruh materi yang di sampaikan menjadi landasan bagi aparatur Desa dalam melakukan penanganan bencana,” jelasnya

Sementara Kabagops Polres Pijay, AKP Mukhtar dalam materinya menyampaikan, pencegahan dan penanganan karhutla melibatkan semua pihak, makanya dibutuhkan sistem manajemen bencana yang terstruktur baik dalam pencegahan maupun penanganan.

“Faktor yang mengakibatkan karhutla ini ada dua, yakni manusia dan kondisi alam,” ujarnya

Dan perlu diketahui, katanya, pada karhutla terdapat sanksi hukum bagi pelaku yang sengaj membakar lahan tanpa ikut menjaganya.

“Selain membangun koordinasi dengan berbagai lintas sektor, saya juga mengingatkan peserta untuk menyampaikan kepada masyarakat, ada sanksi hukum bagi pelaku pembakaran lahan,” imbuhnya

Pada pelatihan tersebut ada tiga pemateri yakni Kabagops Polres Pijay, AKP Mukhtar, Trainer Balitbang BNPB Jamaluddin dan Tim Pemadam Kebakaran BPBD Pijay Yusri.(*)
×
Berita Terbaru Update