Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati Sumpah Pemuda Ke - 93 Tahun, Kopala Pidie Kibarkan Bendera Raksasa di Air Terjun Guda Meuh Aceh

Jumat, 29 Oktober 2021 | 19.48 WIB Last Updated 2021-10-29T12:49:05Z

Gemarnews.com, Pidie - Bendera merah putih raksasa berkibar di air terjun Guda Meuh ( Kuda Emas ) Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh, kegiatan dilakukan untuk menyambut hari Sumpah pemuda yang ke-93 Tahun. 

Komunitas Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup ( PA-LH KOPALA ) PIDIE, memilih lokasi tersebut untuk pengibaran bendera karena air terjun Guda Meuh adalah salah satu Destinasi wisata para pendaki Gunung yang harus dilestarikan . Kamis (28/10/2021).

Di moment Sumpah Pemuda yang ke-93 Tahun 2021 ini, KOPALA Pidie Aceh mengangkat tema “ Semangat Cinta Pada Negeriku Ibu Pertiwi”. 

Pada kegiatan pengibaran bendera raksasa, Beranggota 10 personil tim pertama yang mendaki, berhasil tiba di puncak air terjun Guda Meuh pada tanggal 26 oktober Dan tim kedua beranggota 7 personil dan tim ke-3 sejumlah 3 personil tiba di lokasi pada tanggal 27 oktober 2021. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh PA-LH KOPALA Pidie Aceh dan turut dihadiri  Satgas Sar Pidie, Satgas Sar Pidie Jaya, Satpolairud Polres Pidie, Pidie Jaya Lestari, Flora Fauna International (FFI) Aceh, Gainpala Ar-Raniry, Federasi Ranger Aceh (FRA) dan beberapa masyarakat Pidie Jaya. 

Bendera raksasa dengan ukuran 8 x 20 meter dikibarkan di puncak air terjun Guda Meuh dengan ketinggian air terjun 135 m, dan diatas ketinggian 905 mdpl. Total senjumlah 20 orang yang berdedikasi untuk mengibarkan  bendera dengan cara dibentang dipinggir puncak air terjun.

M.ikhsan atau yang akrab disapa Otong KPL, selaku ketua panitia kegiatan pengibaran bendera,  mengatakan " Pengibaran bendera raksasa ini membutuhkan perlengkapan pendakian yang memadai serta persiapan fisik yang matang, karena mengingat jalur yang akan di tempuh melewati hutan rimba yang masih alami dan jauh dari jangkaun masyarakat umum "katanya
 
"Tanjakan yang dihadapi sangat ekstrim di tambah lagi kondisi cuaca saat ini musim penghujan yang memang  tidak di sarankan untuk masyarakat umum yang tidak memiliki skill pengalaman dan peralatan khusus (Montenering dan Climbing ) untuk mendaki ke air terjun ini" Lanjut Otong KPL

Ia juga menambahkan "Pendakian dilakukan mulai dari tanggal 24 Oktober hingga 29 Oktober 2021, sampai hari ini, seluruh anggota tim dalam keadaan sehat " sebutnya

Pengibaran bendera raksasa di kawasan Air Terjun Guda Meuh, Selain untuk menunjukan rasa cinta kepada negara, momentum ini juga menjadi ajang promosi wisata yang di lakukan oleh Komunitas Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup (KOPALA) Pidie.

Pengibaran bendera merah putih raksasa ini merupakan yang pertama dilakukan di Kawasan air terjun ini. Pelaksanaan acara dilakukan dengan protokol kesehatan dan berjalan lancar. (*)

Wartawan : Iskandar
×
Berita Terbaru Update