Notification

×

Iklan

Iklan

Konstribusi Insinyur Aceh Besar dalam Pemilihan Waketum PII

Selasa, 21 Desember 2021 | 11.51 WIB Last Updated 2021-12-21T04:51:51Z


Gemarnews.com, Aceh Besar -  Kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PII) telah dilaksanakan tanggal 16-18 Desember 2021 di Bali. Kongres tersebut turut dihadiri oleh Ketua Pengurus Wilayah (PW) Aceh Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., ASEAN.Eng. yang juga sebagai Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU. Pada kongres tersebut, Ir. Variadi, ST., M.Eng, Ketua Pengurus Cabang (PC) Aceh Besar diwakili oleh Wakil Ketua Ir. Ibnu Abbas Majid, M.Sc., CSE dan sekretaris Dr. Ir. Dahlan, S.Hut., M.Si., IPU. 

Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., ASEAN.Eng, Ketua PW PII Provinsi Aceh mengatakan Provinsi Aceh mempunyai hak suara dalam kongres untuk memilih Waketum PII Priode 2021-2024 sebanyak 12 suara terdiri dari PW Aceh 1 suara yang diwakili oleh Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU, PC Kota Banda Aceh 4 suara yang diwakili oleh Ketua Ir. Purwandy Hasibuan, ST., M.Eng., IPM., PC Aceh Besar 2 suara diwakili oleh Sekretaris Dr. Ir. Dahlan, S.Hut., M.Si., IPU, PC Lhokseumawe 2 suara diwakili oleh Ketua Ir. Rizal Syahyadi, ST., M.Eng.Sc saat ini sebagai Direktur Politeknik Lhokseumawe, PC Bireuen 1 suara diwakili oleh Teuku Fauzul Hazi, ST., PC Aceh Barat 1 suara diwakili oleh Wakil Ketua I Iftah Azmi, ST. dan PC Kota Langsa 1 suara diwakili oleh Ketua Dr. Ir. Hamdani, MT. yang saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Samudera (UNSAM) Langsa. 

“Kedepan Provinsi Aceh akan meningkatkan jumlah anggota minimal 50% dari yang sudah terdaftar saat ini, dan saat ini hanya 6 PC yang aktif akan ditingkat dengan mengaktikan PC yang belum aktif”, terang Samsul Rizal.

Waketum Terpilih Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, Dipl. Ing, MBA., IPU akan mendampingi Ketum Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, ST., M.Eng.Sc., IPU selama 3 tahun mendatang (Periode 2021-2024) dan secara otomatis Waketum saat ini akan menjadi Ketum pada Periode 2024-2027. Waketum Terpilih dengan moto Terbuka, Inovatif dan Kolaboratif (TIK).

Dr. Ir. Dahlan, S.Hut., M.Si., IPU, sekretaris PC PII Aceh Besar juga sebagai Ketua Jurusan Biologi FMIPA USK Banda Aceh mengatakan bahwa suasana kongres sangat alot khususnya Komisi A Bidang Keorganisasian dan AD/ART membutuhkan waktu lebih dari jadwal yang disediakan membahas berbagai pasal yang ada untuk dihilangkan, direvisi atau ditambahkan. 

Anggota perwakilan Aceh masuk ke komisi A yaitu Dr. Ir. Dahlan, S.Hut., M.Si., IPU, sebagai sekretaris PC Aceh Besar dan Ir. Roni Yulianto, ST., MT sebagai Wakil Ketua I PC Banda Aceh.

“Isu yang paling alot dibahas antara lain proses pendaftaran dengan keterlibatan Pengurus Cabang, melibatkan secara aktif anggota di PW dan PC dalam Majelis Uji Kompetensi (MUK) untuk mempercepat Registrasi Insinyur Profesional (IP)”, terang Dr. Ir. Dahlan, S.Hut., M.Si., IPU.

Lebih lanjut, Dahlan mengatakan PC Aceh Besar dan sejumlah PC lainnya di Aceh akan sangat mendukung program yang akan dijalankan oleh PII Pusat yang dinahkodai oleh Ketum dan Waketum Periode 2021-2014. 

Ir. Variadi, ST. M.Eng, Ketua PC PII Aceh Besar melalui Ketua Bidang Humas dan Kerjasama Bahagia, ST., MT mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan melakukan workshop profesi insinyur dan keanggotaan insinyur di Aceh Besar.

“Khususnya pengurus cabang Insinyur Aceh Besar dalam waktu dekat akan melaksanakan workshop secara daring pentingnya profesi insinyur dan seminar terkait profesi insinyur bagi anggota dan juga di buka untuk umum”, tegas Bahagia. []






×
Berita Terbaru Update