Notification

×

Iklan ok

Damkar Terlambat Datang, Rumah Janda di Abdya Hangus Jadi Arang

Minggu, 30 Januari 2022 | 23.58 WIB Last Updated 2022-01-30T17:16:05Z
Dok.Foto: Rumah terbakar di Desa Ladang Neubok, Jeumpa, Abdya (Sy.IM)

GEMARNEWS.COM - BLANGPIDIE, Dua unit rumah warga di Desa Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh ludes terbakar dilalap 'sijago merah', salah satunya rumah milik seorang janda.

Berdasarkan informasi, armada pemadam kebakaran (damkar) terlambat datang ke lokasi. Hingga api dengan mudah meliuk dan membakar rumah tersebut hingga menjadi arang.

"Mobil pemadam telat sampai, makanya api begitu cepat menghabiskan rumah itu," kata Mukhsin salah seorang warga, Minggu (30/1/2022).

Menurutnya, dengan menggunakan ember, timba, panci, warga antusias melakukan pemadaman. Namun percuma, peralatan perkakas rumah tangga itu tidak mampu menjinakkan api yang kian membesar.

"Rumah milik Hasbi Johan (60) terbakar bagian belakang, sedangkan yang satunya lagi milik Maimunah (60) seorang janda anak tiga habis terbakar," tuturnya.

Dia menjelaskan, saat kejadian itu, ia bersama warga yang melakukan Shalat Magrib di masjid setempat sedang berzikir. Tiba-tiba melihat ke kiri masjid api sudah membesar.

"Kami sedang berdoa (dalam masjid) lalu saya lihat kesamping api sudah membesar. Kemudian kami teriak meminta pertolongan warga dan juga melakukan penyiraman dengan alat seadanya, tetapi rumah berkontrusi semi permanen tidak berhasil diselamatkan,"ujarnya.

Selain rumah dan peralatan yang tidak dapat diselamatkan, furniture rumah tangga dan tiga unit sepeda motor juga ikut hangus dalam kobaran api.

Dalam memadamkan api, turut andil personel TNI-Polri, petugas damkar, serta sejumlah warga setempat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (Sy.IM)

Editor : Teuku Rahmat
×
Berita Terbaru Update